Cute Rocking Baby Monkey

Kamis, 22 September 2016

Tradisi Gumbregi


Tradisi merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Tradisi dilakukan sebagai ungkapan terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa karena karunia nikmat yang telah diberikan.

Salah satu tradisi yang masih berjalan yaitu tradisi Gumbregi. Tradisi ini masih dilaksanakan di daerah di Giripurwo, Girimulyo, Kulon progo. Masyarakat disana masih menjaga dan melestarikan tradisi yang sudah ada semenjak nenek moyang mereka.

Tradisi gumbregi sendiri merupakan sebuah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat sebagai ungkapan rasa syukur setelah panen padi. Acara ini dilakukan setelah semua padi yang ada di sawah desa sudah selesai di panen dengan makan ketupat bersama di tengah persawahan (bulak). Penentuan hari pelaksanaan disesuaikan dengan kesepakatan antar warga desa. Sebelum hari yang telah ditentukan, malam hari sebelumnya warga membuat ketupat yang akan disajikan untuk makan bersama keesokan harinya. Setiap warga akan membawa ketupat beserta tempe atau goreng sebagai lauknya.

Pelaksanaan tradisi gumbregi biasanya di pagi hari, sekitaran jam 07.00 pagi. setelah semua warga berkumpul, makanan akan dikumpulkan untuk berdoa bersama. setelah itu akan dibagikan kepada warga yang berada disana, untuk kemudian makan bersama. 

Tradisi ini menggambarkan kebersamaan, dan keakuran antar warga desa. Tradisi ini menjadi salah satu tradisi yang mesti dilestarikan supaya dapat terus ada sampai kapapun.-dna-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar